Lingkaran adalah himpunan semua titik di bidang datar yang berjarak sama dari suatu titik tetap di bidang tersebut. Titik tetap lingkaran itu dinamakan pusat lingkaran, sedangkan jarak
dari suatu titik pada lingkaran ke titik pusat dinamakan jari-jari lingkaran. Berikut adalah unsur-unsur dari lingkaran.

1. Titik Pusat

Gambar 1.

Titik pusat lingkaran adalah titik yang ada tepat di tengah-tengah lingkaran sebagai pusatnya. Pada gambar 1. Titik O adalah titik pusat lingkaran.

2. Busur

Gambar 2.

Busur lingkaran adalah garis lengkung yang terletak pada lengkungan lingkaran dan menghubungkan dua titik sebarang di lengkungan tersebut. Pada gamabar 2, Busur lingkaran adalah lengkungan BC, CB, DA, dan AB.

3. Tali Busur

Gambar 3.

Tali Busur lingkaran adalah garis lurus dalam lingkaran yang menghubungkan dua titik pada lengkungan lingkaran. Pada gambar 3. tali busur yang menghubungkan titk B dan C, kemudian titik C dan D

4. Diameter

Gambar 4.

Diameter adalah garis lurus yang menghubungkan dua titik pada lengkungan lingkaran dan melalui titik pusat. Umumnya diameter lingkaran di simbolkan dengan d. Pada gambar 4 diameter lingkaran yaitu garis AC.

5. Jari-jari

Gambar 5.

Jari-jari lingkaran adalah sebuah garis yang menghubungkan antara titik pusat dengan titik lengkung pada keliling lingkaran. Umumnya jari-jari lingkaran ini disimbolkan dengan simbolĀ r. Pada gamabr 5 jari-jari lingkaran adalah garis dari titik O ke A. dan Titik O ke B.

6. Juring

Gambar 6.

Juring adalah luas daerah dalam lingkaran yang dibatasi oleh dua buah jari-jari lingkaran dan sebuah busur yang diapit oleh kedua jari-jari lingkaran. Pada gambar 6 juring lingkaran adalah luas dari AOB, AOD, DOC, dan BOC.

7. Tumbereng

Gambar 7.

Tembereng adalah luas daerah dalam lingkaran yang dibatasi oleh busur dan tali busur. Pada gambar 7. tumbereng adalah luas daerah BC dan CD.

Leave a Reply